Fakultas Kesehatan

2 Program Studi

Fakultas Kesehatan

Profile Fakultas

Fakultas Kesehatan Ayurweda yang diselenggarakan oleh Universitas Hindu Indonesia berdiri pada tahun 2008, dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 56 tahun 2008, tertanggal 2 Juni 2008 tentang  persetujuan pembukaan Program Strata satu (S1) Kesehatan Ayurweda.  

Menindaklanjutu surat keputusan tersebut Rektor Universitas Hindu Indonesia Denpasar menerbitkan surat keputusan dengan No. : 404/SKP/UNHI/X/2008 Tentang pejabat pada Fakultas Kesehatan Universitas Hindu Indonesia Denpasar, tertanggal 13 Oktober 2008. Fakultas Kesehatan  Ayurweda mengemban amanat dari umat Hindu (melalui Parisada) supaya Hindu   memiliki tenaga profesional tentang Kesehatan Hindu (Ayurweda).

Sampai saat ini, telah dilakukan perpanjangan ijin penyelengaraan Program Studi strata satu Kesehatan Ayurweda dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, dengan Nomor : 59 tahun 2016.

Latar Belakang

-

Visi Fakultas

Menjadi Fakultas Kesehatan yang unggul dan pusat pengkajian ilmu kesehatan berbasis Hindu

Misi Fakultas

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan berbasis Hindu.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan tenaga professional kesehatan berbasis kompetensi dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
  3. Mengkaji ilmu kesehatan berdasarkan sastra agama Hindu di Indonesia.

Tujuan Fakultas

Sesuai dengan Visi dan misi dari Fakultas kesehatan dan Program Studi Kesehatan Ayurweda, ada beberapa tujuuan yang ingin dicapai di dalam melaksanakan pendidikan tinggi. Secara umum tujuan dari Pendidikan yang diselenggarakan adalah menghasilkan sarjana kesehatan, khususnya tenaga kesehatan ayurweda yang menguasai serta menghayati konsep dan falsafah ayurweda sebagai tenaga perencana, pengembangan dan pengelolaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pengetahuan ayurweda.  Lebih rinci tujuan dari pada pendidikan di Fakultas Kesehatan Ayurweda adalah :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu merumuskan kebijakan kesehatan ayurweda dalam menghadapi suatu masalah pada bidang kesehatan  .
  2. Menghasilkan karya ilmiah mengenai  kesehatan dan obat herbal yang inovatif, dan produktif, berbasis kearifan lokal,  nilai-nilai agama Hindu dan TIK.
  3. Menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, kompetitif, professional dan memiliki kualifikasi dalam bidang kesehatan ayurweda dengan meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berdasarkan Standar Akreditasi Nasional.

Sasaran Fakultas

  1. Meningkatkan tenaga profesional di bidang kesehatan
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dan  lulusan
  3. Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
  4. Mengevaluasi kurikulum akademik

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Program Studi

Contact US